Selasa, 13 Januari 2009

TWA Asuansang, TWA Dungan,dll

· Info Umum Kawasan
Penunjukan keempat kawasan yang terletak di Kecamatan Liku, Kabupaten Sambas Propinsi Kalimantan Barat ini adalah berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi Kalimantan Barat tahun 1995, dengan luas masing-masing kawasan sebagai berikut :
1. Taman Wisata Alam Asuansang dengan luas 4.464 Ha;
2. Taman Wisata Alam Dugan dengan luas 1.142 Ha;
3. Taman Wisata Alam Melintag dengan luas 17.640 Ha dan,
4. Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing dengan luas 810 Ha.
Empat kawasan yang terletak dalam satu komplek ini mempunyai tipe ekosistem mulai dari hutan pantai (TWA. Tanjung Belimbing), hutan mangrove (TWA. Tanjung Belimbing dan TWA. Asuansang), hutan rawa gambut (TWA. Asuansang dan Dungan dan Melintang) sampai pada hutan hujan pegunungan rendah (TWA. Asuansang, Dungan dan Melintang).
Untuk potensi sumber daya alam di dalam keempat kawasan ini hingga informasi ini diperoleh masih sangat minim, namun dilihat dari perwakilan tipe ekosistem yang ada diperkirakan keempat kawasan ini memiliki potensi yang tidak kalah penting dan menariknya dari kawasan konservasi lain yang terdapat di Kalimantan Barat.
Jenis-jenis satwa yang baru tercatat hingga saat ini yaitu 31 jenis burung yang salah satunya adalah Punai Imbuk (Chalcohap indica) yang merupakan catatan jenis baru (New Record) untuk Kalimantan Barat. Sedangkan menurut informasi masyarakat setempat jenis-jenis mammalia yang dapat ditemukan pada kawasan ini cukup banyak diantaranya adalah Bekantan (Nasalis larvatus) dan Beruang Madu (Herlactos malayanus) dan untuk jenis reptil yang baru tercatat di Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing ada 12 jenis yang diantaranya adalah Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Ridel/Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Tuntong (Batagur basca), Buaya Sapit/Senyulong (Tomistoma schelegelii), dan Buaya Muara (Crocodilus porosus) serta Biawak (Varanus salvator).

Tidak ada komentar: