Selasa, 13 Januari 2009

Cagar Alam Lo Fat Fun Fie

· Sejarah Penunjukan Kawasan
Ditetapkan berdasarkan Zelber Bels fan Sambas dd. 23, maret 1936 dengan luas 7,8 ha dan berdasarkan Besluit 15 April 1937, No. 15 (Residetie Westerafdeeling Van Borneo, Afdeeling en Onderafdelling Singkawang) dengan luas 7,79 ha. Kemudian kawasan ini dikukuhkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pertanian No. 757/Kpts/Um/10/1982 tanggal 12 Oktober 1982 dengan luas 7,8 ha.
· Letak Kawasan
Secara geografis kawasan ini terletak antara 0°45’- 0°46’ LU dan 109°07’-109°08’ BT, sedangkan secara administrasi terletak di desa Monterado Kecamatan Samalantan Kabupaten Dati II Sambas.
Pengelolaan kawasan ini oleh Sub balai KSDA Kalimantan Barat dan belum ada sarana maupun dana khusus keproyekan.
· Kondisi Fisio-Ekologi
Keadaan topografi kawasan ini merupakan dataran rendah dan daerah berawa-rawa dengan jenis tanah podsolik. Menurut Schmidt & Ferguson masuk klasifikasi tipe iklim A deangan curah hujan rerata 263 mm/th. Ekosistem kawasan merupakan hutan hujan dataran rendah.
· Keadaan Flora dan Fauna
Flora yang merupakan ciri khas Cagar Alam ini adalah Anggrek Batik (Vanda hokeriana) sebagai ciri khas kawasan ini dan karena kecilnya luasan kawasan ini maka untuk jenis flora dan fauna sangat sedikit sekali, ditambah lagi untuk saat ini telah banyak pemukiman, perladangan dan perkebunan disekitar kawasan ini, sedikit banyak akan berpengaruh pada potensi flora dan faunanya. Sebagai contoh misalnya untuk jenis fauna yang dulu diinformasikan bahwa pada kawasan ini terdapat satwa seperti Biawak (Varanus sp), Kancil/Pelanduk (Tragulus javanicus), Trenggiling (Manis javanica) dan Burung Cucak rawa (Pycnonotus zeylanicus), namun sekarang kehadiran satwa tersebut dapat dikatakan hampir tidak ada lagi.

Tidak ada komentar: