Selasa, 13 Januari 2009

Cagar Alam Gunung Nyiut

· Sejarah Penunjukan Kawasan
Ditetapkan untuk pertama kalinya sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Direkur Jenderal Kehutanan No. 2240/DJ/I/1981 tanggal 15 Juni 1981 dengan luas 140.000 ha, kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 059/Kpts-II/1988 tanggal 29 Februari 1988 dengan luas 124.500 ha.
· Letak Kawasan

Secara administrasi pemerintahan masuk wilayah Kabupaten Dati II Sanggau dan secara administrasi kehutanan masuk wilayah KPH Sambas, KPH Sanggau dan KPH Pontianak.
Pengelolaan cagar alam ini dilaksanakan oleh Sub Balai KSDA Kalimantan Barat dengan seorang jagawana dan belum ada dana keproyekkan khusus untuk kawasan ini.
· Kondisi Fisio-Ekologi
Kondisi topografi Cagar Alam Gunung Nyiut berbentuk perbukitan dengan kelerengan sedang sampai curam. Puncak bukit yang tertinggi pada kawasan ini adalah Gunung Nyiut dengan ketinggian 1701 m dpl. dengan tipe iklim yang termasuk klasifikasi tipe iklim A menurut Schmidt & Ferguson. Kondisi ekosistem yang terdapat pada kawasan ini adalah hutan hujan pegunungan bawah sampai sedang.
· Keadaan Flora dan Fauna
Potensi flora yang menonjol adalah anggrek dan beberapa jenis tumbuhan langka lain seperti Bunga Patma (Rafflesia tuan-mudae). Pada hutan hujan pegunungan rendah didominasi oleh jenis Dipterocarpaceae dan Euphorbiaceae sedangkan pada hutan hujan pegunungan sedang didominasi oleh Dipterocarpaceae perbukitan.
Untuk jenis fauna walau belum pernah diadakan inventarisasi, berdasarkan informasi masyarakat setempat, kawasan ini juga cukup kaya akan jenis fauna, diantaranya ada beberapa jenis fauna yang dilindungi seperti Beruang Madu (Herlactos malayanus), Kelempiau (Hylobates muelleri muelleri), Orang utan (Pongo pygmaeus), Trenggiling (Manis javanica), Landak (Hysterix branchyura), Napu (Tragulus napu), Rusa Sambar (Cervus unicolor), Burung Ruwai (Argusianus argus), Enggang Badak (Boceros rhinoceros) dan mungkin banyak lagi yang belum terdata. Daya tarik lain dari kawasan ini adalah air terjun dan panorama yang indah.

Tidak ada komentar: