Selasa, 20 Oktober 2009

Macan Dahan Kalimantan/ Remaung/ Bornean clouded leopard (Neofelis diardi)



Macan dahan pertama kali diidentifikasi pada tahun 1821 oleh naturalis Inggris Edward Griffith dan diberi nama ilmiah Neofelis nebulosa. Sampai sekarang, seluruh macan dahan yang banyak ditemukan di Asia diklasifikasikan ke dalam satu spesies dengan beberapa varian subspesies


Memiliki corak seperti awan yang kecil, corak bergaris ganda di punggung, dan warna rambut berwarna abu-abu yang lebih gelap daripada spesies sejenisnya. Sedangkan, macan dahan sejenis yang tersebar di Nepal, China Selatan, dan Asia Tenggara memiliki corak awan besar, corak bergaris hanya di dekat ekor, dan warna rambut yang cerah.

Neofelis diardi merupakan predator utama di Kalimantan yang masuk wilayah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Makanannya monyet, rusa, burung, dan kadal. Ukuran gigi taring terhadap tubuhnya tergolong paling panjang di antara kucing lainnya. Harapan hidupnya kini hanya tersisa di kawasan Heart of Borneo, hutan tropis di bagian tengah Borneo seluas 220 ribu kilometer persegi yang bulan lalu ditetapkan pemerintah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam sebagai kawasan konservasi.

Tidak ada komentar: